Print
Hits: 238
   Indikator penting tumbuhnya suatu kawasan menjadi kawasan metropolitan adalah dibangunanya fasilitas pendidikan yang memadai guna mencetak cendekiawan yang cerdas dan berkompetensi. Di Surabaya sendiri telah dibanguna banyak infrasutruktur diidang pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan di Kota ini.     
        Pembangunan pusat pendidikan di Surabaya sendiri diawali tahun 1818. Baru pada tahun 1831 dibangun Sekolah Dasar Negeri tapi yang menjadi siswanya adalah kalangan anak-anak Belanda. Sementara pada tahun 1853 baermunculan sekolah-sekolah swasta yang jumlahnya lumayan banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya daiantaranya ada HBS (Hoogere Burgerschool) adalah sekolah menengah umum pada zaman Hindia Belanda, MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) adalah Sekolah Menengah Pertama, dan HIS (Hollandsch-Inlandsche School) adalah sekolah dasar. 
        Berkembangnya dunia pendidikan dibidang kesehatan ditandai dengan dibangunnya Sekolah Kedokteran Hindia Belanda atau NIAS (Nederlands Indische Artsen School) pada tahun 1913. NIAS merupakan cikal bakal terbentuknya Universitas Airlangga . 
        Pendidikan berbasis keagamaan pada saat itu era 1.900an sangat berkembang. Dapat dilihat dengan dibangunnya beberapa organisasi pergerakan islam misalnya NU (Nahdatul Ulama) dan Muhamadiyah yang menyelenggarakan pendidikan umum dan pendidikan berbasis pesantren. 
 


Berikut adalah daftar berbagai jenis pendidikan yang ada di kota surabaya dan sekitarnya baik menurut jenjangnya masing-masing

 
1(es/. PAUD
 
2. SD
 
3. SMP
 
4. SMA
 
5. Pendidikan Tinggi
 
Yuk cek masing-masing halaman untuk menemukan info tentang sekolah mana yang kamu cari! (es/sbyin)