Print
Hits: 287
  Berbeda dengan kota Batu Jawa Timur dengan wahana pegunungan, Surabaya menyajikan sekompleks metropolitan dengan ciri khas wisata sejarah dan laut. Mempunyai julukan sebgai Kota Pahlawan membuat Surabaya selalu menarik untuk dipelajari sejarahnya. Bukti kokoh kalau Surabaya ini adalah kota perjuangan dan pahlawan adalah dibangunnya Tugu Pahlawan di Alun-Alun Contong Bubutan Surabaya. Dibangunnya Tugu Pahlawan juga untuk mengenang perjuangan arek-arek Suroboyo melawan penjajah sehingga pada tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan.
       Wisata sejarah lainnya yaitu Patung Monomen Jendral Sudirman yang berdiri Jalan Yos Soedarso Surabaya. Monumen ini dibuat sebagi bentuk penghargaan kepada panglima tentara pertama Republik Indonesia yang dipilih pada Konverensi Tentara Keamanan Rakyat Pertama yang diselenggarakan di Jogjakarta 12 November 1945. Pada tahun 1970 tanggal 10 November bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan monumen Jendral Soedirman ini diresmikan olh Presiden Soeharto. 
        Wisata sejarah yang masih menarik untuk dibahas adalah Jembatan Merah. Berlokasi di Jalan Kembang Jepun Nomor 192 Surabaya, nama Jembatan Merah tak asing bagi warga pejuang-pejuang kemerdekaan kita.  Jembatan merah pada zaman penjajah adalah pusat perniagaan. Dimana pada saat itu muncullah perjanjian dengan Paku Buwono II dengan VOC yang berisi bahwa sebagian pulau jawa termasuk Surabaya diserahkan kepada VOC. Sehingga pada saat itu jembatan meraha menjadi lalu lintas perdangangan yang sangat ramai.
        Beralih ke monumen Kapal Selam Surabaya, lokasinya berada di Jalan Embong Kali Asin 39 Surabaya. Monumen Kapal Selam atau istilah populernya Monkasel menyimpan banyak cerita berharga karena Kapal Pasopati 402 buatan Uni Soviet ini pernah digunakan untuk Pertempuran di Laut Aru. Pertempuran laut untuk pembebasan Irian Barat dari belenggu penjajah tersebut terjadi pada tanggal 15 Januari 1962. 
    Selain wisata sejarah, Surabaya juga menawarkan beberapa wisata taman diantaranya yaitu Taman Bungkul, Taman Sakura Keputih, Taman Flora (Kebun Bibit), Taman Prestasi, Taman Apsari dan berbagai taman lainnya. Semua fasilitas taman disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya secara gratis.
    Bagi yang ingin menikmati wisata pantai di Surabaya juga tersedia. Kalian dapat memilih wisata pantai Kenjeran Lama yang terkenal dengan Pantai Ria Kenjeran, Ken Park (Wisaata Kenjeran Baru), dan  Jembatan Suromadu.
    Di Surabaya juga menyediakan wahana wisata air antara lain yaitu Ciputra Water Park, Atlantis Waterpark (yang lokasi bersebelahan dengan Ken Park Surabaya), dan beberapa waterpark dan kolam renang yang disajikan dihotel dan apartemen si Surabaya. Atau jika Anda ingin menikmati semilir angin pantai dengan panorama pelabuhan Anda bisa berkunjung ke Surabaya North Quay.
    Sementara jika ingin menikmati wisata dengan konsep hiburan, seni dan budaya kalian dapat mengunjungi Taman Hiburan Rakyat (THR), Surabaya Night Carnival,atau De Mata Trick Eye Museum. 
    Yang terakhir adalah Kebun Binatang Surabaya atau yang kerap disebut KBS. 

List daftar tempat yang wajib kamu kunjungi menurut Surabaya Info adalah sebagai berikut:
  • Pantai Ria Kenjeran
  • Kenjeran Park
  • Tugu Pahlawan
  • Monumen Jendral Sudirman
  • Monkasel (Monumen Kapal Selam)
  • Kya-Kya
  • Taman Kota (lihat Fasilitas Publik)
  • Surabaya Night Carnival
  • Ciputra Waterpark
  • Atlantis Waterpark
  • Taman Hiburan Rakyat (THR)
  • Kebun Binatang Surabaya (KBS)
Yuk segera kunjungi tempat wisata yang ada diatas! (es/sbyin)